Baca Berita

Bupati Bintan Secara resmi Membuka MTQH Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024

Berita

Bupati Bintan Roby Kurniawan S.P.W.K membuka secara resmi MTQH Ke XIII Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024.  Pembukaan MTQH yang dipusatkan di Relif Antam Kijang, Bintan Timur, Kabupaten Bintan ditandai dengan pemukulan Tambur Oleh Bupati dan Pimpinan OPD serta FKPD Bintan. 

Dalam laporannya, Ketua Pelaksanaan MTQH  Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bintan Drs. Wan Rudi Iskandar M.M menyampaikan bahwa penyelenggaraan MTQH sebagai momen untuk mendorong peningkatan pengetahuan, penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an di lingkungan keluarga dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Bintan. Peserta kafilah berasal dari 10 kecamatan se- Kabupaten Bintan dengan jumlah 279 peserta.

Disampaikan Cabang yang di pertandingkan Cabang Tilawah Al Qur'an terdiri dari: 

l. Golongan Tartil Al Qur'an putera dan puteri
2. Golongan Anak-anak putera dan puteri
3. Golongan Remaja putera dan puteri
4. Golongan Dewasa putera dan puteri
5. Golongan Qira'at Al Qur'an Mujawwad 
Dewasa putera dan puteri
6. Golongan Qira'at Al Qur'an Murattal 
Dewasa putera dan puteri
 
7. Golongan Qira'at Al Qur'an Murattal 
Remaja putera dan puteri
B. Cabang Hifzh Al Qur'an terdiri dari :
1. Golongan I Juz dan Tilawah putera dan 
puteri
2. Golongan 5 Juz dan Tilawah putera dan 
puteri
3. Golongan 10 Juz putera dan puteri
4. Golongan 20 Juz putera dan puteri
5. Golongan 30 Juz putera dan puteri
C. Cabang Fahm Al Qur'an, putera dan putri
D. Cabang Syarh Al Qur'an, putera dan puteri
E. Cabang Khath Al Qur'an, terdiri dari :
1. Golongan Naskah putera dan puteri
2. Golongan Hiasan Mushaf putera dan puteri
3. Golongan Dekorasi putera dan puteri
4. Golongan Kontemporer putera dan puteri

F. Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah al 
Qurán (KTIQ) putera dan puteri.
G. Lasqi, Putri

Bupati Bintan Roby Kurniawan S.P.W.K mengawali sambutannya sekaligus Membuka Secara Resmi mengatakan, di Kabupaten Bintan MTQH merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka menjaring qori-qoriah, hafiz hafizah yang selanjutnya mengikuti MTQH di tingkat Provinsi Kepri. Oleh karena itu, mengajak umat Islam di Bintan untuk menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al-Quran melalui gerakan tiada hari tanpa membaca Al-Qur’an.

pada hakikatnya pelaksanaan MTQH bertujuan untuk membina ukhuwah islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Kabupaten Bintan. Selain itu, mementum pelaksanaan MTQ dapat dijadikan sebagai salah satu tonggak membina qori-qoriah dan hafiz-hafizah untuk lebih menuju pada kemandirian, begitu pula dengan para peserta cabang MTQ lainnya, sehingga perlu disusun secara lebih terencana, terstruktur, dan berkelanjutan.

Bupati Roby mengatakan Pelaksanaan MTQH  menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi untuk kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang dimulai dari pemahaman dalam membaca dan menulis Al-Quran secara baik dan benar. Sudah sepantasnya kehidupan dengan berlandaskan agama ini didukung agar bisa memberikan sumbangan nyata terciptanya suasana yang harmonis yang menjadi perekat kesatuan dan persatuan dan ukhuwah islamiyah.
Bagikan Postingan Ini: