Baca Berita

GEBYAR PAUD KECAMATAN TOAPAYA: BUNDA PAUD KABUPATEN BINTAN SAMPAIKAN PENTINGYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Berita
Bunda PAUD kabupaten Bintan Hafizha rahmadhani Putri, S.P.W.K menghadiri kegiatan Gebyar PAUD ke 3 Kecamatan Toapaya yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Padi Mas Kecamatan Toapaya, Senin, 7 Mei 2024. Acara Gebyar PAUD Kecamatan Toapaya diinisiasi oleh Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kecamatan Toapaya dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh 2 Mei.


Siti Maysaroh selaku Ketua HIMPAUDI Kecamatan Toapaya mengatakan, kegiatan diikuti oleh semua satuan pendidikan tingkat Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kecamatan Toapaya terdiri dari 12 lembaga  yaitu 2 lembaga di Desa Toapaya Utara, 1 Lembaga di Toapaya, 4 Lembaga di Toapaya Asri dan 5 lembaga di desa Toapaya Selatan dengan 7 kelompok bermain dan 5 satuan PAUD sejenis dengan peserta didik 350 orang anak tingkat PAUD dan 39 guru pendamping.

Siti Maysaroh juga menyampaikan mengatakan Gebyar PAUD diikuti oleh 200 orang anak dan dilaksanakan selama satu hari. Kegiatan diawali dengan senam bersama, sikat gigi massal dan pentas seni anak-anak PAUD.
Bunda PAUD kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani Putri, S.P.W.K dalam arahannya menyampaikan, masa usia dini merupakan periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia, sehingga perlu memberikan perhatian yang  besar terhadap penyelenggaraan pendidikan anak. Dalam rangka peningkatan kualitas anak melalui pelayanan pendidikan anak usia dini diperlukan upaya bersama dengan berbagai unsur Pemerintah, Organisasi Profesi, Organisasi Sosial, Akademisi dan Praktisi yang peduli dengan program pembinaan pendidikan anak usia dini.

Ia menuturkan, berbagai hal yang dilakukan yang bertujuan untuk menumbuhkan, menggugah dan meningkatkan kesadaran, peran serta masyarakat terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini. Kerjasama kemitraan dilakukan dengan membangun jaringan di tingkat pusat maupun daerah untuk dapat memberikan layanan yang optimal bagi anak usia dini. Penyelenggaraan Gebyar PAUD, dapat berguna memberikan stimulasi terhadap seluruh aspek perkembangan anak agar dapat terkembangkan secara optimal serta dalam rangka mewujudkan merdeka bermain dan Merdeka Belajar.

Disampaikan pula 3 target perubahan yang wajib dilaksanaan yaitu tidak ada calistung saat PPDB, menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik sehingga lebih muda beradaptasi dan merancang kegiatan pembelajaran yang memperkuat enam fase pondasi. Hafizha juga memberikan apresiasi kepada guru dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya Gebyar PAUD kecamatan Toapaya. Sehingga kegiatan ini mampu menciptakan prestasi yang nantinya dapat menjadi model bagi pendidik/guru dalam memberikan layanan kepada anak secara holistik integratif.
Bagikan Postingan Ini: