Baca Berita

Gubernur Kepulauan Riau resmikan pelepasan ekspor ayam hidup (live bird) asal Bintan ke Singapura

Berita

Gubernur Kepulauan Riau resmikan pelepasan ekspor ayam hidup asal Bintan ke Singapura 
Yang bekerjasama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia (Japfa) dan PT Ciomas Adisatwa    melalui laut. pada Jumat 7 Juli 2023 melalui Pelabuhan Sri payung km 6 Tanjungpinang Kota.
 
Pimpinan PT Ciomas Adisatwa Anwar Tandiono dalam kesempatan tersebut menyampaikan   pengiriman bertujuan  untuk memasok ayam segar ke Singapura, dengan mengirimkan ayam hidup melalui laut dan dipotong di negara tujuan.

 2 bulan lalu juga sudah dilakukan  trial pengiriman perdana ke Singapura yang berjalan sukses dan  sesuai dengan harapan  yaitu baik masalah kematian ayam kemudian keamanan selama pengiriman hingga hasil setelah pemotongan secara keseluruhan sangat baik dan   merupakan satu kepuasan untuk semua yang terlibat.

Anwar juga mengucapkan terimakasihnya kepada  stakeholder dan masyarakat bintan yang sudah ikut membantu dan mensukseskan acara tersebut. 

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad menyampaikan hal tersebut merupakan momen sejarah penting  karena  baru pertama kali ekspor ayam hidup diselenggarakan dari Kepulauan Riau.

Sementara itu  untuk mendorong percepatan pertumbuhan angka dan diversifikasi produk ekspor di bidang pertanian maka pemerintah pusat sudah mengemasnya melalui satu program Progam  Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang menjadi tugas penting bagi seluruh kepala daerah dan stakeholder yang ada di masing-masing provinsi kabupaten kota termasuk tentunya para pelaku usaha oleh karena pemerintah  terus mendorong komoditi komoditi yang dapat diekspor ke berbagai negara melalui Provinsi Kepulauan Riau.

Ada beberapa jenis ekspor yang komoditinya memang masih relatif kecil namun satu hal yang membanggakan. Karena  sejak Tahun 2022 sudah mulai dilaksanakan kegiatan ekspor komoditi sayuran melalui pengembangan Green Farm yang ada di Batam . tercatat lebih dari 5500 ton berbagai jenis sayuran Hasil produk Green Farm di Batam yang diekspor ke Singapura. Pemerintah  mendorong agar komoditi tersebut  bisa terus ditingkatkan jumlah dan nilai ekspornya.

Untuk diketahuAda Sebanyak 35.600 ayam hidup (live bird)  hasil budidaya PT Ciomas Adisatwa di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau yang di ekpore ke Singapura.
Bagikan Postingan Ini: