Diskominfo Bintan Luncurkan Aplikasi SEBATI untuk Permudah Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa
Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan tertib administrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bintan resmi menerapkan aplikasi SEBATI (Sistem Elektronik Biaya, Anggaran, dan Tata Kelola Integrasi). Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi digital dalam penomoran surat dan pengelolaan administrasi pengadaan barang dan jasa secara menyeluruh.
Sosialisasi dan bimbingan teknis
penggunaan aplikasi SEBATI dilaksanakan pada Selasa, 10 Desember 2024 di ruang
rapat Diskominfo Bintan. Acara dibuka oleh Sekretaris Diskominfo, M. Ami
Roffian, S.Sos., M.M., yang menekankan bahwa transformasi digital harus dimulai
dari sistem yang paling mendasar, yaitu surat menyurat.
“Pengadaan barang dan jasa tidak bisa
lepas dari kelengkapan administrasi. Dengan SEBATI, semua proses mulai dari
penomoran surat, dokumentasi, hingga pengarsipan dilakukan secara elektronik,
cepat, dan dapat diakses kapan pun,” jelas Ami.
Aplikasi SEBATI dikembangkan secara
internal oleh Tim IT Diskominfo, hasil kolaborasi Bidang Sekretariat dan Bidang
Layanan E-Government. SEBATI dirancang khusus untuk mendukung seluruh proses
administrasi pengadaan, termasuk pengelolaan SPPL, SPMK, BAST, hingga pelaporan
keuangan dan input perjalanan dinas.
Kepala Bidang Layanan E-Government,
Andi Asrizal, S.Sos., menyampaikan bahwa pihaknya membuka kanal komunikasi
langsung dengan admin SPJ dan pengguna lain, guna memastikan kendala teknis
bisa segera diatasi.
“Kami ingin memastikan aplikasi ini
tidak hanya diluncurkan, tapi juga benar-benar diimplementasikan. Karena itu,
setiap kendala akan kami tangani dengan cepat sebagai bentuk komitmen terhadap
suksesnya penggunaan SEBATI,” ujar Andi.
SEBATI hadir sebagai jawaban atas
kebutuhan akan sistem administrasi yang terintegrasi dan transparan. Tidak
hanya mempermudah penomoran surat, tetapi juga membantu perencanaan dan
pelacakan anggaran yang lebih akurat, terutama bagi Pejabat Pelaksana Teknis
Kegiatan (PPTK).
Ami Roffian berharap seluruh pegawai,
khususnya admin SPJ, dapat memahami dan mengimplementasikan SEBATI dengan baik
di unit kerja masing-masing.
“Kami ingin seluruh proses menjadi
lebih tertib, efisien, dan terdokumentasi secara digital. Dengan SEBATI, kita
bisa meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pengelolaan keuangan dan
administrasi,” pungkasnya